5 TRIK UNTUK MENINGKATKAN KESEIMBANGAN KINERJA DAN HIDUPMU SAAT INI

Kita semua pernah mendengar bahwa keseimbangan kinerja dan kehidupan adalah hal-hal yang menyangkut tentang keseimbangan di seluruh periode waktu melawan pada saat-saat tertentu. Tetapi kita juga tahu bahwa keduanya bisa menjadi hari yang sangat menyiksa.

Kita harus bisa mencari posisi yang lebih fleksibel, merencanakan liburan, bergerak untuk mempersingkat perjalanan, atau mengingat semua periode sibuk ini akan berlalu begitu saja seiring berjalannya waktu. Namun pertanyaannya adalah “Apa yang bisa kita lakukan hari ini, sekarang ini?” tanpa membuat perubahan drastis yang terjadi didalam hidup atau pekerjaan kita guna melakukan hal-hal yang lebih baik?

Untuk itu, cobalah melihat kelima trik dibawah ini untuk membantu anda agar merasa lebih seimbang sekarang, diantaranya adalah :

1. Jangan bekerja setiap malam.

Dulu pernah ada masa dimana “waktu akan berhenti” artinya waktu bisa berhenti sewaktu-waktu. Kini, teknologi didalam kantor telah membuat kemajuan besar dalam beberapa tahun terakhir sehingga kita tidak lagi harus terputus atau masih dapat bekerja ketika kita sedang bepergian, sakit atau bekerja di rumah.

Tetapi itu tidak berarti bahwa kita harus bekerja secara terus-menerus. Hal ini mungkin menjadi bagian dari budaya kerja anda ketika anda selalu mengerjakan kembali tugas setiap malam setelah makan malam selesai, namun anda akan cenderung melakukannya untuk beberapa malam dan melihat apa yang terjadi.

Luangkan waktu setelah bekerja untuk bersantai sejenak dan fokus kepada hal lain dari kehidupan anda. Dengan begini anda akan tahu ketika ada sesuatu yang cukup darurat terjadi ketika jam kerja telah selesai. Sebuah pedoman umum yang saya gunakan adalah jika ada sesuatu hal terjadi yang memaksa seseorang untuk menelepon kita dan kita harus mengangkat telepon tersebut, maka hal itu layak menjadi responsif. Jika tidak, kita masih bisa menunggu sampai hari kerja berikutnya.

2. Jangan melihat email atau berkomunikasi dengan monitor komputer saat anda sedang tidak bekerja.

Poin yang satu ini sangat sulit untuk dihindari. Untuk mempermudah pekerjaan kita, kita telah menggabungkan perangkat pribadi dan tempat kerja kita. Bunyi “PING” saat email dan pesan instan masuk bisa mendorong seseorang untuk menjadi gembira dan senang; dalam kasus seperti ini, studi menunjukkan bahwa tindakan sederhana seperti memeriksa email anda dapat mengakibatkan kecanduan.

Bahkan jika anda sedang tidak bekerja pada hari ini, namun nyatanya anda masih saja terus memantau meja komputer anda itu berarti anda tidak dapat memutuskan sambungan dari pekerjaan anda dan sepenuhnya fokus pada aspek-aspek lain dari kehidupan anda. Jadi ada baiknya anda sendiri yang harus “memotong” sambungan tersebut.

Beritahu staf, manajer atau rekan kerja anda bahwa cara terbaik untuk mencari anda ketika sedang tidak berada di kantor adalah menelepon. Mungkin awalnya, cara ini tampak sangat menakutkan namun ternyata tidak demikian. Pikirkan kembali waktu yang sudah anda gunakan untuk memanggil seseorang melalui email atau pesan teks.

Jika mereka menghubungi anda secara berkali-kali dan tampak keperluan yang mendesak, anda dapat mengirimkan pesan teks atau menelepon kembali. JIka tidak, maka anda dapat menunggu sampai hari kerja berikutnya.

Untuk membantu menghentikan kebiasaan ini, tetapkanlah masa jeda 15 menit di malam hari atau pagi dimana anda sering menggeser fokus anda untuk memeriksa email dan alat komunikasi kantor lainnya; itupun jikalau benar-benar penting. Setelah beberapa minggu, anda mungkin akan segera terbiasa.

3. Perlakukanlah akhir pekan seperti masa liburan.

Akhir pekan adalah waktu yang ideal bagi anda untuk beristirahat, memulihkan stamina dan memulihkan fisik. Jangan sekali-sekali anda menganggap remeh waktu ini. Disini anda perlu pergi untuk menikmati waktu akhir pekan anda. Berusahalah untuk selalu menahan diri.

Seperti online di media sosial pada waktu malam Minggu dan hari Minggu; ini adalah kebiasaan yang dipopulerkan oleh masyarakat yang ingin “maju” selangkah dalam seminggu namun kebiasaan ini sangat tidak baik dan bahkan dapat menyita perhatian anda di sebagian besar waktu. Nikmati waktu malam Minggu dan hari Minggu anda sehingga ketika anda menghadapi hari Senin, seluruh tubuh dan menta anda sudah segar dan siap untuk beraktifitas.

4. Selalu membuat diri anda sepenuhnya utuh.

Banyak orang berpikir bahwa memberikan waktu pribadi di malam hari atau akhir pekan adalah sesuatu yang diharapkan dari pekerjaan mereka, filosofi seperti ini terkadang benar adanya. Tetapi hal ini tidak akan bisa membuat anda dapat mengambil waktu yang terbuang untuk kembali dan tidak membuat diri anda sepenuhnya utuh.

Jika anda telah melakoni beberapa hari yang berat dalam seminggu karena mengerjakan proyek besar sampai berjalan lancar, rencanakanlah satu atau dua hari untuk mengambil libur setelah proyek tersebut berhasil diluncurkan. Gunakan waktu tersebut untuk memperlakukan diri sendiri, mengejar tanggung jawab pribadi atau anda dapat beristirahat dan memulihkan fisik.

Perusahaan akan mengambil apa yang telah anda berikan kepada mereka sehingga anda tidak perlu memaksakan diri untuk bekerja terus. Dan jika perusahaan bersikap adil kepada anda, mungkin mereka mengerti jikalau anda membutuhkan istirahat sementara waktu untuk memulihkan fisik.

5. Mobilitas digunakan untuk mencapai produktifitas dan fleksibilitas, bukan untuk “selalu terhubung”.

Teknologi telah mengubah cara kita bekerja dan anda dapat menggunakannya dengan cara yang paling efektif. Ini berarti anda harus memikirkan kembali tujuan mobilitas. Karena dengan kecanggihan inilah, anda dapat bekerja dari mana saja walaupun anda sedang bepergian atau harus melarikan diri ke tempat yang lebih tenang, mencari lingkungan yang tidak mengganggu untuk menyelesaikan pekerjaan anda, atau ketika anda perlu untuk menyelesaikan sesuatu yang tidak bisa anda selesaikan karena anda harus meninggalkan kantor dan menjemput anakmu pulang dari sekolah.

Menggunakan teknologi mobilitas agar dapat meningkatkan hidup anda adalah hal yang sangat penting; namun jangan menggunakannya sebagai cara untuk memperpanjang hari kerja anda yang sebetulnya tidak perlu atau untuk tetap terhubung saat anda harus benar-benar fokus pada sesuatu yang lain.

Kelima hal ini mudah untuk diterapkan dan tidak memerlukan usaha atau perubahan kehidupan yang besar. Bawalah kelima hal ini ke dalam hidup anda dan mungkin saja akan memiliki efek yang sangat tidak terduga; anda mungkin akan lebih terlibat dan tampil lebih baik di tempat kerja.

Hiduplah secara seimbang dan pastikan anda dapat mengambil waktu untuk diri sendiri setiap harinya. Pastikan juga bahwa waktu yang anda habiskan di tempat kerja dapat lebih produktif dan memuaskan.

Tetapkan tujuan untuk diri anda sendiri :

“Waktu kita di dunia ini sangatlah terbatas. Jika saya bisa memanfaatkan hal itu, saya akan jauh lebih sukses. Jadi, saya akan menjadi jauh lebih produktif”.